Three In One ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001

Hasil survei sertifikasi oleh Sekretariat ISO selalu menempatkan standard Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 dan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) 14001 sebagai standard paling banyak diadopsi dan disertifikasi. Sedangkan OHSAS 18001 adalah standard sistem manajemen K3 yang paling generic dan diterima secara internasional. Alhasil, ketiga standard ini sudah sangat jamak diterapkan sebagai satu paket sistem manajemen dalam berbagai organisasi.

Jika organisasi Anda juga berniat mengadopsi ketiga standard tersebut, buku Three In One ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001 Sistem Manajemen Kualitas, K3, Lingkungan ( SMK4L ) dan Peningkatan Kinerja Terus-Menerus Contoh Aplikasi pada Bisnis dan Industri dapat menjadi panduan praktis penerapannya. Terutama bagaimana memahami metode PDCA dalam struktur standard. Selain itu, buku ini juga menjelaskan delapan prinsip Sistem Manajemen Mutu yang mendasari standard ISO 9001.

Dengan memahami metode PDCA dalam struktur standard, bukan saja akan membantu menyelami substansi masing-masing sistem manajemen tersebut. Namun juga akan lebih mudah dalam menyesuaikan terhadap kebijakan-kebijakan atau standard lain yang diadopsi oleh sistem organisasi. Jika suatu saat ada revisi terhadap klausul-klausul standard, pemahaman terhadap metode PDCA juga akan membantu bagaimana penyesuaian penerapan sistem yang sudah ada terhadap persyaratan dan klausul baru yang dibawa standard edisi revisi.

Pada salah satu bab buku ini dibahas integrasi ketiga standard. Referensi silang klausul-klausul ketiga standard tersebut dibuat beserta contoh manualnya. Sehingga untuk Anda yang sudah pernah mendapatkan pemahaman awal tentang Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, dapat dengan mudah memahami kedua standard lainnya untuk proses integrasi.

Sedangkan penjelasan tentang “prosedur wajib” untuk penerapan ketiga standard dapat dimanfaatkan bagi siapa saja yang ingin membangun dokumentasi sistem. Selain mengidentifikasi proses-proses yang wajib dibuatkan prosedur, beberapa contoh prosedur dan formulir juga disajikan. Disamping itu, dalam buku ini Anda bisa mendapatkan checklist audit untuk menguji kelengkapan dan pemenuhan persyaratan yang diajukan standard.

Terakhir, pada bab kedua belas, penulis buku menyuguhkan penjelasan singkat “Peningkatan Kinerja Terus-Menerus”, mulai dari filosofi, penggunaan quality tool, dan beberapa contoh formulirnya. Sayang sekali contoh quality tool dan aplikasinya ini terlalu sedikit, mengingat judul bab ini menjadi bagian dari judul buku. Tetapi setidaknya dengan bab ini sudah ada gambaran bahwa standard sistem mutu, lingkungan, dan K3 ini tidak statis, perlu dikembangkan.

Buku ini sudah lama terbit, tahun 2012, namun masih relevan bagi pemula yang belajar lebih lanjut tentang standar sistem manajemen praktis. Untuk dapat memanfaatkan buku ini secara maksimal, pembaca sebaiknya mengerti terlebih dulu apa itu standard manajemen, bagaimana memahami isi klausul-klausul salah satu standard, dan seperti apa klausul-klausul diterjemahkan dalam prosedur beserta dokumen pendungkungnya. Dengan begitu, memulai penerapan persyaratan-persyaratan standard akan lebih mudah dengan bantuan buku ini.(iyus)

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: