The Coconut Principles

Tiga prinsip di atas adalah resep sukses dari Gede Manggala, penulis buku The Coconut Principles. Tapi jangan salah, buku ini bukan “tips praktis cepat sukses” atau “formula bisnis kaya mendadak” dan semacamnya. Melalui buku ini Gede ingin menyimpulkan pengalaman dan observasinya tentang perbedaan antara orang sukses dan tidak sukses.

“Apa bedanya orang yang sukses dengan orang yang tidak sukses? Simpel. Orang yang sukses, orang yang karirnya bagus, pengusaha kalau dia pengusaha, yang jalannya lancar, dia itu kalau ada masalah dia beresin” ungkapnya kepada Checklist Magazine. Menurut Gede, orang-orang sukses selalu mencari solusi, problem solver, karena itu di mana saja dan dalam posisi jabatan apa pun menjadi orang berguna.

Pria kelahiran Bali 40 tahun silam ini menganalogikan ketiga prinsip seorang problem solver dengan pohon kelapa: berguna, sederhana, hidup dalam rumpun. Analogi itu juga yang menginspirasi Gede memberi judul bukunya: The Coconut Principles.

“Buku ini bukan kisah sukses saya, justru kisah kegalauan saya juga” Gede menambahkan. Baginya, buku The Coconut Principles merupakan catatan pribadi atas keseharian melihat bagaimana kita sering terjebak pada sikap mengekternalisasi masalah. Lebih suka menyalahkan pihak lain daripada instropeksi diri dan mencari solusi. “Jalanan macet salahnya gubernur, negara gak maju salahnya presiden”, ujar penyandang titel Lean Six Sigma Master Black Belt ini memberi contoh. Menurut pengamatan Gede, mental suka mengekternalisasi masalah ini juga ada di perusahaan, misalnya pegawai ditanya: salah siapa perusahaan tidak maju? “salah bos saya”. Bukannya ikut mencari solusi tapi justru mencari kambing hitam.

Salah satu yang menarik adalah cara Gede memaparkan ketiga prinsip sukses problem solver yang ditawarkannya. Sebagai konsultan process improvement yang juga pernah bergelut sebagai praktisi manajemen di Caltex, GE, dan Chevron, Gede banyak memberikan contoh-contoh permasalahan yang dianalisa dengan menggunakan pisau ilmu manajemen.

Senior Associate di perusahaan konsultasi Variance Reduction International (VRI) ini menuliskan ide-idenya disertai dengan contoh nyata yang ringan, analisa sederhana, serta memberikan referensi berbagai management tools yang berguna untuk pengembangan. Pembaca bisa mendapat sedikit gambaran bagaimana penerapan alat manajemen seperti Value Stream Mapping, Theory of Constraint, Gantt Chart, Brainstorming, diagram SIPOC, go to Gemba, WHY Tree, dan sebagainya. Di catatan kaki, pembaca bisa mendapat banyak rujukan buku jika ingin memperdalam konsep-konsep yang diperkenalkan.

Meskipun yang diperkenalkan adalah konsep-konsep manajemen yang mempunyai image canggih, namun Gede mampu membawakan secara sederhana. Dengan dilengkapi 15 tips implementasi langsung, pembahasan yang to the point, dan didukung warna-warni ilustrasi, buku ini layak menjadi inspirasi bagi pembaca untuk memandang manajemen dari sudut praktis. Meski segmen pembaca tidak dibatasi, Gede menilai buku ini paling cocok untuk para pemula. “Mahasiswa manajemen, manajemen industri, dan pegawai baru, yang masih muda-muda” ujar sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung dan MBA dari Duquesne University, Pittsburgh ini.

Ini adalah buku pertama dari tiga “Seri Coconut”. Gede sudah mempersiapkan seri kedua dan ketiganya dalam waktu dekat. “Ini sebenarnya appetizer-nya, makanan pembuka untuk memperkenalkan” kata Gede. Menurutnya, buku pertama ini seperti seseorang yang memulai karir, bagi yang galau. “ (Buku) yang kedua melihat bagaimana penerapan, dalam rangka pemecahan masalah sampai tuntas. (Buku) yang ketiga dari sisi kalau kita jadi leader-nya” ungkap Gede.

Gede juga membuka diri bagi siapa saja yang ingin berkolaborasi di buku “Seri Coconut” yang kedua, berbagi cerita dan pengalaman tentang problem solving. Silahkan kunjungi website Gede Manggala di www.gedemanggala.com atau dapatkan buku The Coconut Principles edisi lite melalui link di Checklist Magazine. (iyus)

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: