International Electrotechnical Commission (IEC)

International Electrotechnical Commission (IEC) adalah organisasi non profit internasional yang didirikan pada tahun 1906. Organisasi yang bermarkas di Jenewa, Swiss, ini bekerja untuk penyusunan dan penerbitan Standar Internasional di bidang “electrotechnology “, yaitu semua teknologi listrik, elektronik, dan yang terkait dengannya.

Standar IEC meliputi berbagai teknologi pembangkit, transmisi, distribusi listrik, semikonduktor, serat optik, baterai, tenaga surya, nanoteknologi, peralatan elektronik untuk rumah/ kantor, dan sebagainya. IEC juga mengelola skema penilaian kesesuaian yang menyatakan apakah suatu perangkat, sistem, atau komponen sesuai dengan standar internasional.

Publikasi IEC merupakan konsensus internasional yang berfungsi sebagai dasar untuk standardisasi nasional dan sebagai referensi ketika merancang tender internasional dan kontrak. IEC bekerja sama erat dengan International Organization for Standardization (ISO) dan International Telecommunication Union (ITU). Selain itu, IEC bekerja dengan beberapa organisasi pengembangan standar utama, termasuk Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dengan  menandatangani perjanjian kerjasama sejak tahun 2002.

Standar yang dikembangkan bersama-sama dengan ISO (International Organization for Standardization) seperti ISO / IEC 26300 Open Document Format untuk Aplikasi Office (OpenDocument) v1.0 atau ISO/IEC 27001 Information technology–Security techniques–Information security management systems–Requirements. Penggunaan awalan ISO / IEC meliputi publikasi dari ISO / IEC Komite Teknis Bersama 1 pada Teknologi Informasi, serta standar penilaian kesesuaian yang dikembangkan oleh ISO CASCO. Standar lain yang dikembangkan dalam kerjasama antara IEC dan ISO diberikan nomor seri 80000, seperti IEC 82045-1.

Sebagaimana yang dikerjakan oleh ISO (International Organization for Standardization), IEC membantu mempromosikan pentingnya standardisasi di seluruh dunia dan untuk mengkoordinasikan perbedaan-perbedaan teknis dan potensi buruknya kualitas yang mungkin timbul dalam perkembangan teknologi. Dengan begitu, IEC sekaligus mempromosikan perdagangan dunia dan pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan produk, sistem dan jasa yang aman, efisien dan ramah lingkungan .

Para anggota IEC adalah Komite Nasional dari yang mewakili berbagai negara, seperti Badan Standarisasi Nasional (BSN) dari Indonesia, Standardization Administration of the People’s Republic of China (SAC), Japanese Industrial Standards Committee (JISC), Bureau of Indian Standard (India), dan sebagainya. Komite-komite nasional dapat menunjuk ahli dan delegasi yang berasal dari industri, badan pemerintah, asosiasi dan akademisi untuk berpartisipasi dalam pekerjaan penilaian teknis dan kesesuaian IEC.

Para ahli berpartisipasi dalam pekerjaan teknis IEC dalam kapasitas pribadi dan tidak mewakili perusahaan mereka/ organisasi atau Komite Nasional. Sedangkan para delegasi berbicara dan memberikan suara atas nama Komite Nasional dalam setiap pertemuan. (iyus)

Info lebih lengkap dan akurat tentang IEC: www.iec[dot]ch

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: