ISO Survey of Certification, 2012 Edition

Pada tahun 1993 Central Secretariat ISO pertama kalinya melakukan survey ISO untuk mengetahui jumlah sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga sertifikasi (certification/ acreditation body, yaitu lembaga yang mengeluarkan sertifikat pengakuan atas keberhasilan organisasi tertentu dalam mengadopsi standard, misalnya SGS, Beureu Veritas, SAI Global, dan sebagainya). ISO survey of certification kini menjadi aktivitas rutin setiap tahun yang hasilnya diumumkan kepada publik.

Dalam melakukan survey, sumber utama data yang dipakai adalah lembaga sertifikasi yang telah terakreditasi oleh anggota International Acreditation Forum (IAF). Anggota-anggota IAF sendiri merupakan badan akreditasi nasional yang didirikan di banyak negara untuk memverifikasi kompetensi lembaga sertifikasi (certification/ acreditation body), misalnya Komite Akreditasi Nasional (KAN) dari Indonesia, Deutsche Akkreditierungsstelle GmbH (DAkkS) dari Jerman, China National Accreditation Service for Conformity Assessment (CNAS) dari China, dan badan akreditasi yang lain.

Oleh karena itu, survei tidak mencakup sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang terakreditasi oleh organisasi selain anggota IAF, atau tidak terakreditasi sama sekali. Dalam membaca data ini, perlu dicatat juga bahwa data yang diberikan adalah jumlah sertifikat bukan jumlah site atau organisasi yang disertifikasi.

Hasil survey terakhir yang telah diumumkan adalah survey tahun 2012, atau edisi ke 20. Bagaimana hasilnya dan apa saja standard yang sedang naik daun? Seperti apa perkembangan jumlah sertifikasi di Indonesia? Silahkan download di halaman ini, atau jika link sudah tidak ada, maka bisa di searching dengan keyword “ISO survey download”. (iyus)

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: