Akreditasi Laboratorium Digital Forensik Bareskrim POLRI

“KAN berhasil-untuk yang pertama di Asia tenggara, melakukan akreditasi terhadap Laboratorium Digital Forensik Cyber Crime Investigation Center milik Bareskrim POLRI” demikian isi berita yang dirilis www.kan.or.id (10/June/2013).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa akreditasi laboratorium adalah proses pengakuan atas kompetensi suatu laboratorium. Dalam akreditasi dilakukan suatu assesment yang akan menilai kompetensi laboratorium dalam beroperasi dan menghasilkan produk. Penilaian dilakukan dengan mengacu kepada kriteria standard internasional yang telah diakui. Penilaian kesesuaian ini dilakukan secara reguler, sehingga tingkat kesesuaian dan perbaikan harus terus-menerus dikendalikan. Jika laboratorium telah lulus akreditasi, tentu hasil uji yang dilakukan laboratorium lebih bisa dipertanggung jawabkan kepada konsumen/ publik.

POLRI sebagai institusi pemerintah, tentu layak berbangga telah mendapat sertifikat kelulusan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), lembaga yang berkompeten dan diakui oleh International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) dan International Acredation Forum (IAF).

Prestasi ini setidaknya memberikan harapan bahwa ditengah berkembangnya cyber crime, POLRI tidak hanya tinggal diam. Peningkatan kompetensi dan perbaikan layanan terus dilakukan kepada masyarakat. Di tengah berbagai isu miring yang menerpa institusi kepolisian, keberhasilan ini seharusnya menjadi contoh di lingkungan internal, memberikan harapan positif kepada masyarakat, dan menjadi teladan bagi institusi lain.

Lantas seperti apa profil, pengalaman, dan manajemen Laboratorium Digital Forensik Cyber Crime Investigation Center Bareskrim POLRI? Nantikan kehadirannya di Premium Edition majalah CHECKLIST edisi perdana. (YM)

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: