The Pacific Accreditation Cooperation ( PAC )

The Pacific Accreditation Cooperation ( PAC ) adalah asosiasi kerjasama badan akreditasi, dan pihak berkepentingan lainnya, di kawasan Asia Pasifik, termasuk Komite Akreditasi Nasional (KAN) dari Indonesia. Melalui kerjasama dalam PAC, dapat diharapkan adanya reduksi atas hambatan teknis yang mungkin muncul dari tuntutan sertifikasi dan / atau registrasi sistem manajemen, produk, dan proses. Dengan begitu PAC dapat membantu dalam memfasilitasi perdagangan di antara negara-negara kawasan ini.

PAC mempromosikan penerimaan lintas negara atas akreditasi yang diberikan oleh anggota-anggotanya dengan cara membentuk kesetaraan program akreditasi. PAC melakukan sebuah kerjasama bagi para anggotangya melalui Multirateral Recognition Agreements ( MLAs ) yang menyediakan sarana dalam pengakuan sertifikat kesesuaian yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi/ registrasi yang sudah diakreditasi oleh anggota PAC.

Pacific Accreditation Cooperation (PAC) maupun Asia Pacific Laboratory Accreditation (APLAC) adalah sama-sama sebuah wadah kerjasama regional di bidang akreditasi. Namun berbeda dengan APLAC yang berorientasi pada kerjasama akreditasi bidang laboratorium dan lembaga inspeksi, fokus kerjasama PAC adalah penciptaan sistem yang memberikan pengakuan sertifikasi atau registrasi sistem manajemen, produk, jasa, personel, dan program lain dari penilaian kesesuaian.

APLAC bekerja dalam kerangka yang telah diberikan oleh ILAC (International Laboratory Accreditation Cooperation), sedangkan PAC beroperasi dalam kerangka yang diberikan International Accreditation Forum (IAF). Dalam mengembangkan kerjasamanya, PAC juga berhubungan dengan organisasi kerjasama regional dari wilayah lain.

The European co-operation for Accreditation (EA) dan the Inter American Accreditation Cooperation (IAAC) adalah kerjasama tingkat regional bidang akreditasi semacam PAC yang ada di wilayah lain. Melalui kelompok kerjasama regional inilah, termasuk PAC, dilakukan sebagian besar kegiatan evaluasi teknis dalam keanggotaan IAF Multilateral Recognition Agreement (MLA) yang mempunyai ruang lingkup internasional.

PAC memiliki program untuk :

  • menyelaraskan prosedur akreditasi dan pelaksanaannya yang didasarkan pada standar internasional, panduan, dan bimbingan IAF
  • pertukaran informasi antar badan akreditasi
  • bekerja sama dalam pelatihan asesor dan personil lainnya
  • berkontribusi terhadap kerja (International Organization for Standardization) ISO dan badan-badan terkait lainnya
  • berhubungan dengan IAF dan kelompok-kelompok regional dan pihak terkait lainnya.

Informasi mutakhir dan lebih mendalam mengenai PAC dapat ditemukan dalam website resmi Pacific Accreditation Cooperation (PAC) di www.apec-pac.org (iyus | CHECKLIST-MAGAZINE.COM )

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: