Revisi ISO 14001:2015

ISO 14001 merupakan standard yang diperuntukkan bagi manajemen untuk mengelola aspek-aspek yang berhubungan dengan lingkungan. Standard ini secara teknis ditangani oleh ISO/ TC 207 Enveronmental Management. ISO 14001 merupakan standard paling banyak diadopsi di seluruh dunia selain ISO 9001. Lebih dari dari 280.000 organisasi di seluruh dunia melakukan sertifikasi untuk menunjukkan adopsi yang telah mereka lakukan.

Sebagaimana dilansir dalam website iso.org, saat ini ISO tengah mempersiapkan penerbitan standar ISO 14001 yang terbaru, edisi 2015. Ini adalah revisi yang pertama kalinya sejak terbit tahun 2004 yang lalu. Persiapan telah dimulai awal tahun 2013, salah satunya dengan mengadakan survey kepada para praktisi pengguna ISO 14001 di berbagai negara. Sebelumnya, tersiar kabar bahwa penerbitan dilakukan pada Januari 2015 namun informasi terkini menyatakan penerbitan diundur sampai Juni 2015.

Draft Komite ISO 14001 menyelaraskan dengan sepuluh struktur “Annex SL”. Bidang-bidang utama perubahan termasuk, namun tidak terbatas pada, sebagai berikut :

Cakupan (Scope): Ruang lingkup Sistem Manajemen Lingkungan ( EMS ) telah diperluas untuk mencakup dampak eksternal pada organisasi.

Istilah dan definisi : Bagian ini akan referensi istilah umum dan definisi inti diuraikan dalam Annex SL dan spesifik untuk EMS .

Konteks organisasi : klausul ini mencakup persyaratan yang berkaitan dengan memahami masalah internal dan eksternal organisasi serta kebutuhan dan harapan stakeholder .

Kepemimpinan : Manajemen puncak kepemimpinan dan komitmen telah diperkuat membutuhkan persyaratan EMS untuk diimplementasikan ke dalam strategi bisnis organisasi dan memastikan EMS mencapai hasil yang dimaksudkan.

Kebijakan: Kebijakan komitmen telah diperluas untuk mencakup mendukung perlindungan lingkungan. Contohnya seperti mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Aspek Lingkungan: klausul ini mencakup pertimbangan dari perspektif siklus hidup ketika mengevaluasi aspek lingkungan .

Persyaratan hukum dan persyaratan lainnya : Ini telah digantikan oleh ‘persyaratan hukum dan kewajiban sukarela’.

Sasaran lingkungan: Panitia rancangan mensyaratkan bahwa indikator kinerja harus ditetapkan untuk masing-masing tujuan lingkungan .

Perencanaan rantai nilai dan kontrol (Value chain planning and control) : Sebuah klausul baru memperkenalkan persyaratan untuk memastikan bahwa proses hulu dan hilir yang terkait dengan aspek penting dikendalikan atau dipengaruhi .

Evaluasi kepatuhan : Seperti yang diharapkan draft komite, memperkuat proses evaluasi dengan pengenalan persyaratan pada organisasi untuk mempertahankan pengetahuan dan pemahaman status kepatuhan .

Secara keseluruhan, revisi diharapkan akan lebih memperkuat kredibilitas ISO 14001 dan menjaga standar yang relevan untuk tahun yang akan datang.

About Checklist 38 Articles
Majalah Mutu dan Sistem Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: